Thursday, November 29, 2012

SURE ! This is a multipleexpoSURE


Ini adalah foto-foto dari pementasan Ujian Akhir Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Denpasar. Berhubung ditugasin buat ngedokumentasi, sekalian deh  mraktekin teori mata kuliah seni fotografi II. Ini adalah teknik multiple exposure, sederhananya adalah menggabungkan lebih dari satu foto dalam 1 frame dengan memanfaatkan lebih dari 1 jenis pencahayaan atau exposure.



Sayangnya, di D3000 punyaku nggak ada fitur multiple exposure ini. Alhasil pinjem deh kamera sama senior, yaitu d90. Di jenis dslr satu ini ada pilihan ME-nya, cari aja di "MENU" dan "Multiple Exposure" Hidupin deh. Cara membuat foto multiple exposure adalah atur shutter speed, diafragma, dan ISO sehingga menghasilkan foto yang "under exposure". Jepret. Lalu, atur lagi metering sehingga memungkinkan untuk mendapat foto yang agak "over exposure". Jepret lagi. Dan untuk jepretan ketiga kamu bisa mengambil foto yang lebih over lagi dari yang sebelumnya. Nah, setelah jepretan ketiga ini, kamera akan mengolah tiga jepretan itu dan menjadi satu foto saja yang di dalamnya ada 3 gambar yang seolah-olah ditumpuk.

 Namun, untuk mendapatkan foto multiple exposure yang cetar membahana badai, diperlukan kesabaran yang ekstra. Tidak hanya kemampuan mengatur pencahayaan, juga kemampuan komposisi agar objek dalam foto terlihat porsinya meski kelihatannya saling tumpang tindih.








No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah menengok blog ini :) Berilah komentar tanpa SPAM, berbau SARA, dan pastinya sesuai dengan isi blog ini. Komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tersebut dengan sangat terpaksa saya hapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...